RSUREGAR.COM – Tahukah kamu? Baru-baru ini tepat pada tanggal 22 Maret 2017, ASUS telah meluncurkan produk Notebook gaming terbarunya di Indonesia. Notebook Penguasa Jagat. Hanya Untuk Para Raja. Yap, itulah gelar yang penulis berikan untuk produk teranyar ASUS ini, yaitu ASUS ROG GX800. Bagaimana tidak, harga yang dibanderol hampir setara dengan satu buat unit mobil yaitu Rp Rp94,5 juta. Wow.. Gilaaakkkk.. Gile lu ndro hehehe.. (sambil membayangkan kalo punya). Bwwarrrrrr… masih dalam ketidakpercayaan, gimana mungkin ada laptop yang seharga mobil. Ah, sudahlah. Kayaknya saya harus jadi raja biar bisa memiliki laptop ini. Daripada bingung melongo terus, yuk simak ulasan penulis mengenai ASUS ROG GX800, Notebook Gaming “Sang Penguasa Jagat” saat ini dengan fitur-fitur (senjata)-nya yang digdaya.

Launching ASUS ROG GX800 di Jakarta. (rs)
Launching ASUS ROG GX800 di Jakarta. (rs)

SENJATA #1: Pemutakhiran Desain dan Dapur Pacu yang Dasyat

foto3

Sebelumnya telah dikenal ASUS ROG GX700 sebagai pendahulunya yang memiliki kemampuan yang terbilang luar biasa dikelasnya. Dilihat sepintas ASUS ROG GX800 pun tampak hampir sama dengan ROG G752, mesin gaming seri high-end. Pasalnya, notebook dengan pendingin watercooling terpisah ini memiliki warna metalic grey atau abu-abu mengkilap. Pada bagian tengah, terdapat logo ASUS beserta dua garis tegas dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat yang bisa menyala dengan sangat keren.

Panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, begitu pun dengan area keyboard serta palm rest. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus.

Meski sebelumnya dikatakan penampilan luar dari GX800 dan seri notebook gaming premium ASUS yang lain hampir sama persis, hal ini tidak terjadi pada komponen bagian dalamnya. ASUS benar-benar mengganti hampir seluruh hardware penting pada perangkatnya itu dengan teknologi terbaru. Hampir bisa dibilang, suksesor ASUS ROG GX700 tersebut bermandikan teknologi anyar yang paling update sekarang ini.

foto4

Kamu bisa perhatikan sendiri melalui tabel spesfikasi di atas, ASUS ROG GX800 memiliki luas penampang layar (display) yang lebih besar daripada GX700 yakni 18,4 inci. Kemampuan komponen pengolah grafis serta kecepatan maksimum prosesornya juga diperbarui menjadi lebih gahar.

SENJATA #2: Processor Dewa, Intel Generasi Teranyar Intel Core i7-7820HK

Sebagai Notebook gaming tergahar bin teranyar alias Penguasa jagat, hahah (lebay), tentunya dibekali dengan tenaga yang terkuat. Yap, untuk ASUS ROG GX800 dibekali dapur pacu besutan Intel yaitu Core i7-7820HK, dimana merupakan generasi ke-7, KabyLake yang mempunyai kecetapan clock speed lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yaitu 4,6GHz. Clock speed yang lebih tinggi tentu saja berpengaruh besar pada kinerja dan processing speed pada komputer secara keseluruhan, antara lain mampu meningkatkan frame rate (FPS) pada game. Bukan hanya game, kebutuhan lain seperti rendering 3D, editing video, dan bahkan programming Android juga akan berjalan lancar. Dimana diketahui bahwa Android Studio besutan google sangat berat bagi notebook pas-pasan.

foto5
Spesifikasi intel i7-7820HK

SENJATA #3: GPU and CPU overclockable

Salah satu keunggulan dari ASUS ROG GX800 adalah kemampuan overclocking pada GPU dan CPU. Biasanya, seperti halnya Notebook premium lain, hanya CPU yang dapat di overclock. Dibawah adalah contoh overclocking pada ASUS ROG GX800.

foto6

Tentunya dengan melakukan overclocking, kinerja CPU dan GPU akan semakin berat sehingga memerlukan pendingin, agar kedua system tidak mengalami overheat. Untuk itulah, ASUS telah meredesain dan melakukan upgrade pada system Dock watercooling yang mampu mengaliri kedua system CPU dan GPU untuk mendinginkan system.

SENJATA #4: Docking Watercooling Generasi ke-2, Lebih Bertenaga

foto7ROG GX800 memiliki versi terbaru dari Hydro Overclocking Sistem pada ROG GX700 untuk mendinginkan CPU dan kartu grafis (GPU), dan memiliki dua adaptor daya 330W untuk memberikan peningkatan kinerja yang lebih besar. Hydro Overclocking Sistem memastikan kinerja overclocking yang unggul, dan membantu melepaskan panas yang dihasilkan oleh kartu grafis Dual GTX 1080 dan power supply 660W.

foto8
Teknologi Hydro Overclocking System pada ASUS ROG GX800

ROG Hydro Overclocking Sistem, dock liquid-cooling yang hanya dirancang untuk Notebook gaming. Pada versi terbaru, dipasangkan pada ROG GX800, memiliki desain Dual Hybrid Chamber Cooling yang baru untuk menarik panas dari kartu grafis dan prosesor. Memiliki motor yang rendah-getaran yang memompa pendingin antara dock dan ROG GX800. Dengan Quick Connector yang didesain ulang mampu meningkatkan laju aliran hingga 70%. Berkat teknologi pendingin pada dua system, CPU dan GPU ini, memberikan ROG GX800 dua kali kemampuan pendinginan pada Notebook GTX 1080 dan membantu pelepasan 520W panas (suhu) sehingga menjaga suhu dalam sistem pada tingkat optimal untuk kinerja sistem tertinggi. Pendingin khusus ini diformulasikan juga untuk mencegah korosi dan dapat menahan suhu mulai dari -20 °C sampai 100 °C.

Cara kerja Dock Overclocking. Sumber: ASUS
Cara kerja Dock Overclocking. Sumber: ASUS

Selain itu, ROG GX800 memiliki empat kipas yang mendorong udara keluar dari dual exhaust pada tingkat 28 kaki kubik per menit – yang berati aliran udara 69% lebih baik dan efisiensi pendinginan, 160% lebih besar dari twin-fan pendahulunya, ROG GX700.

SENJATA #5: Teknologi SSD terbaik dan tercepat

CrystalDiskMark SSD. Sumber: ASUS
CrystalDiskMark SSD. Sumber: ASUS

Jenis media penyimpanan cepat berbasis SSD yang ditambah menjadi 3 buah. ASUS ROG GX800 menggunakan media penyimpanan buatan Samsung yakni SM951 yang diklaim sebagai Solid State Drive tercepat abad ini. SSD tersebut juga memiliki fitur NVMe alias Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 M.2 untuk memaksimalkan kecepatan bandwidth-nya. Seperti diketahui Slot PCIE4 memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan SATA3 atau mungkin bisa dibilang ini adalah koneksi media penyimpanan paling cepat saat ini. Slot PCIE 4 menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik, atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingkan dengan Raid 0. Penggunaan PCIE 4 juga lebih aman dan tahan lama, karena jika salah satu keping SSD rusak, maka keping SSD lain tetap aman.

Spesifikasi SSD SM951 Samsung. Sumber: SAMSUNG
Spesifikasi SSD SM951 Samsung. Sumber: SAMSUNG

SENJATA #6: Layar Berteknologi G-Sync dan Dual VGA NVIDIA GTX 1080

Teknologi Dual VGA NVIDIA GTX1080. Sumber: ASUS
Teknologi Dual VGA NVIDIA GTX1080. Sumber: ASUS

ROG GX800 dipersenjatai dengan NVIDIA® GeForce® GTX 1080 grafis 2-way SLI terbaru untuk ketajaman dan detil visual game yang menakjubkan. Pada pembahasan sebelumnya, ROG Hydro Overclocking Sistem dan dua adaptor 330W, memberikan notebook dewa ini kinerja yang tak tertandingi, sebuah hasil 3DMark 11 benchmark memiliki 53500 skor.

foto13Pada pengujian 3DMark 11 (Performance) graphics and Fire Strike Ultra benchmark, ROG GX800 yang dilengkapi Hydro Overclocking Sistem mencapai skor 76% lebih tinggi dari laptop gaming lainnya di pasar, dan bahkan memberikan lebih dari tiga kali lipat kinerja gaming NVIDIA GTX 980 yang banyak digunakan pada laptop gaming. ASUS ROG GX800 telah di overclock pabrikan (bawaan), sehingga bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik – memberikan kamu potensi overclocking yang tak tertandingi*.Sudah yakin kalo ROG GX800 benar-benar Notebook Gaming Sang Penguasa Jagat saat ini? Kalo belum, yuk lanjutkan membaca spesifikasi dan teknologi ROG GX800. (*Tested with: 3DMark 11 (Performance) graphics / Fire Strike Ultra /sumber: ASUS.COM).

Tahukah kamu? Satu buah Nvidia GTX 1080 sendiri sudah memiliki kekuatan yang sangat gahar, bayangkan bila ada dua buah GTX1080 yang kekuatannya digabungkan. Secara spefikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.  Satu buah GTX 1080 memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps.

foto14Untuk memanjakan penggunanya, ASUS ROG GX800 telah disematkan Teknologi G-SYNC yang mampu memberikan pengalaman dan kualitas yang jernih untuk layar 4K. G-SYNC bekerja dengan memanipulasi VBLANK atau Vertical Blanking Interval pada monitor. VBLANK adalah waktu interval antara penggambaran baris terakhir dari satu frame dan penggambaran garis pertama dari frame berikutnya. Disebut sebuah interval karena pada waktu ini tidak ada update frame pada layar, monitor akan menampilkan gambar yang statis sampai proses penggambaran garis pertama dari frame berikutnya. Sebenarnya VBLANK ini adalah teknologi yang awalnya dimiliki oleh monitor CRT, tetapi nyatanya sekarang ini masih kita temui di layar LCD. Modul G-Sync yang telah ditanam pada monitor akan memanipulasi VBLANK yang memaksa monitor untuk tidak mengupdate frame sebelum GPU siap untuk menampilkan frame yang baru. Dengan adanya G-SYNC, gaming terasa lebih asik tanpa stuttering dan tearing yang mengganggu.

SENJATA #7: 4K Notebook Display

foto15ROG GX800 adalah  Notebook gaming pertama di dunia yang menawarkan real 4K UHD gameplay. Dengan panel beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160), layar ROG GX800 telah dilengkapi dengan tingkat refresh rate 60Hz. Artinya layar mampu menampilkan sebanyak 60 gambar per detiknya. Kebanyakan Notebook gaming hanya dapat memberikan pemutaran video 4K UHD, dan sering “berjuang keras” ketika  menjalankan game pada resolusi tinggi seperti ini. Notebook lain tersebut mengalami kesulitan dalam mencapai frame rate hingga 60FPS; dan bagi yang memaksa  melakukannya, pasti mengalami masalah stabilitas. ROG GX800 dengan Hydro Overclocking Sistem memberikan ROG GX800 pendingin yang superior untuk real 4K UHD game sehingga kamu dapat merasakan pengalaman visual yang lebih realistis, dan frame rate lebih halus dan lebih cepat. Bila dibandingkan dengan Notebook gaming yang menampilkan GPU tunggal, ROG GX800 memberikan dua kali lipat frame rate dan visual yang lebih rinci untuk game benar-benar “mendalam”, bahkan pada pengaturan ultra. Teknologi NVIDIA® G-SYNC ™ memungkinkan Anda menikmati game AAA terbaru pada pengaturan ultra-grafis tanpa khawatir kerusakan visual, lag atau frame rate yang “patah-patah”.

Selain itu, teknologi in-plane switching (IPS) pada layar ROG GX800 memiliki kemampuan memproduksi gambar dengan akurasi yang lebih baik. Layar IPS ini juga mendukung sudut pengelihatan yang lebih besar yakni 178 derajat baik dalam keadaan vertikal maupun horizontal. Keuntungannya, dari sisi gamer, mereka bisa mendapatkan posisi terbaik dan ternyaman dari suduh manapun yang diinginkan. Tentunya dengan hal itu, para gamers akan lebih mudah mempertontonkan kehebatannya pada khalayak ramai.

Asus Splendid Technology. Sumber: ASUS
Asus Splendid Technology. Sumber: ASUS

Di dalam display pun telah disematkan teknologi bernama Spendid Display. Fitur yang sangat menyenangkan ini, mempunyai empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

  1. Normal Mode adalah, mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  2. Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Cahaya biru tersebut merupakan salah satu penyebab dari degenerasi makula dan cedera pada retina. Dengan fitur Eye Care yang terdapat di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) untuk mengurangi dampak cedera tersebut.
  3. Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
  4. Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Ketika mengaktifkannya dan menggunakan notebook dalam waktu yang lama, pengguna  masih merasa mata sangat nyaman menggunakannya (menatap layar notebook).

SENJATA #8: Mechanical Switch Keyboard

foto17

foto18 foto19 foto20

Pernah ga merasa jengkel dengan keyboard yang jelek? Nah, ASUS ROG GX800 kini telah dibekali Keyboard MechTAG yang mempekerjakan switch taktil dan tombol responsif. Anti-ghosting keys memastikan perintah ditangkap secara instan dan diinterpretasikan dengan benar – bahkan jika kamu menekan hingga 30 tombol secara bersamaan.

MechTAG mungkin keyboard terbaik yang pernah disematkan pada Notebook gaming. Keyboard MechTAG memiliki tombol backlit yang secara individual dapat diprogram dengan efek RGB LED.

Dengan teknologi mekanikal keyboard praktis membuatnya memiliki kenyamanan dan daya tahan papan ketik menjadi lebih unggul dari sebelumnya. “Perasaan” saat menekan keyboard tersebut terasa clicky juga sangat halus dan empuk. Tombol WASD diberikan warna agak bold dengan aksen putih disekelilingnya.

SENJATA #9: ROG Aura, kustomisasi ROG yang elegan

Penampakan Keyboard dengan LED RGB. Kustomasi dari ASUS AURA
Penampakan Keyboard dengan LED RGB. Kustomasi dari ASUS AURA

foto21 foto22 foto23Jika produk-produk ROG sebelumnya hanya memancarkan LED warna merah saja, ROG GX800 dengan teknologi ROG Aura memiliki beberapa preset dan efek pencahayaan keyboard yang dapat disesuaikan, dan palet warna lebih dari 16 juta warna. Ada sembilan preset (Static, Breathing, Siklus Warna, Wave, Star, Rain, Reaktif, Laser dan Ripple), dan tiga slot penyimpanan untuk efek yang telah disesuaikan. Kamu bahkan dapat menetapkan warna tertentu dan efek untuk setiap tombol. So elegant, so tasty, so yours!

Preset ROG AURA
Preset ROG AURA

SENJATA #10: Port Input/Output

Port I/O pada ASUS ROG GX800
Port I/O pada ASUS ROG GX800

ROG GX800 memiliki banyak port, termasuk USB Type-C dengan Intel® Thunderbolt ™ 3 untuk konektivitas serbaguna.

  • 1 x Microphone-in jack
  • 1 x Headphone-out jack (SPDIF)
  • 1 x Type C USB3.1 GEN2 Thunderbolt
  • 1 x USB 3.1 TYPE C port(s)
  • 3 x USB 3.0 port(s)
  • 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
  • 1 x HDMI
  • 1 x Docking port (HOT swap)
  • 1 x mini Display Port
  • 1 x SD card reader

SENJATA #11: ROG GameFirst III

4 mode profil prioritas pada GameFirst III

GameFirst III sarana utama untuk pemain, yang dirancang untuk matherboard ASUS ROG unutk memaksimalkan jaringan dan akselerasi. ini secara efektif mengurangi jaringan delay. Fenomena seperti lag tidak akan muncul dalam permainan. Hal ini juga menciptakan lingkungan jaringan terbaik untuk pemain. (FAQ ASUS)

ROG GameFirst III dirancang untuk membantu proses yang berhubungan dengan game dan aplikasi. Dengan Multi-Gate Teaming yang menggabungkan Wi-Fi onboard, 3T3R dengan Intel Gigabit Ethernet sehingga kamu mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online-mu. Tentunya hal ini membantu mengelola beberapa koneksi jaringan gateway, dan memberikan koneksi untuk setiap aplikasi agar kinerja secara online menjadi super halus. Fitur Smart Learning mengambil catatan dari aplikasi yang paling sering digunakan, mengoptimalkan bandwidth jaringan dan memilih koneksi jaringan terbaik.

Ketika menjalankan game, dengan menetapkan syarat jaringan dari semua aplikasi lain menjadi prioritas rendah. Dan setelah sesi berakhir, maka secara otomatis mengalokasikan bandwidth untuk aplikasi lain yang sebelumnya berjalan di background. Selain itu, GameFirst III memiliki tools App Identification yang berfungsi mengambil catatan dari sebuah aplikasi tak dikenal dan mengirimkannya ke server untuk diverifikasi. ROG GameFirst III juga memiliki alat monitor jaringan termutakhir.

Pada mode GameFirst III kamu dapat mengoptimalkan level melalui pengaturan kecepatan upload dan download

Selain itu,  jika kamu ingin bermain game dengan lancar, silahkan pilih mode Game. disini kamu bisa mengatur prioritas atau Memblokir lalulintas dari aplikasi.

Nah, untuk memeriksa aplikasi yang menggunakan bandwidth, kamu dapat menggunakan fitur  ‘Network Monitor’. Disini kamu dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background dan menggunakan bandwidth.

SENJATA #12: Notebook Streaming Features

ROG GX800 dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk membantukKamu berbagi dan streaming permainan gamemu ke teman-teman kamu atau penonton. ROG GX800 secara eksklusif didukung oleh Sonic Studio II yang mampu meningkatkan input suara. Fitur secara khusus membantu dengan pengiriman suara sehingga kamu dapat memberikan komentar yang jelas, serta pengurangan kebisingan untuk membantu menghilangkan kebisingan. Selain itu, dengan dual array mikrofon ini membantu menyaring suara bising untuk merekam suara lebih yang jelas.

SENJATA #13: External Antenna

External Antenna
External Antenna

ROG GX800 memiliki antena dual-band external yang bekerja pada band 5GHz. Bila dibandingkan dengan antena internal, antena eksternal mampu meningkatkan kecepatan penerimaan dari 102dB / 2.43Mbps menjadi 104dB / 6.05Mbps pada band 5GHz. Dengan desain ini, kamu juga mendapatkan cakupan area 111% lebih besar pada band 5GHz dari Notebook normal.

SENJATA #14: Sabre Quality Notebook Audio

ROG GX800 dilengkapi empat speaker yang menghasilkan frekuensi tinggi dan rendah untuk keseimbangan yang lebih baik. Ini adalah notebook gaming pertama di dunia dengan dua 34mm x 11mm 2W tweeter di dasar layar untuk suara langsung ke arah gamer dengan kualitas suara yang dalam.. Kombinasi unik dari speaker memastikan suara lebih jelas, suara yang lebih rinci di seluruh rentang audio. Selain itu, ESS SABRE headphone DAC dan amplifier memberikan sample rate  delapan kali (8x) lebih besar dari CD-kualitas audio, memiliki Dynamic Range (DNR) yang tinggi, peningkatan pengiriman bass dan pengurangan kebisingan pada 32-bit / 384kHz output suara. Pada game audio yang terdengar lebih kaya, dengan detail yang lebih besar dan lebih sedikit distorsi, bahkan ketika kamu menggunakan headset serta dengan respon frekuensi yang lebih akurat.

SENJATA #15: ROG Sonic Studio II

Melalui antarmuka pengguna yang intuitif, Sonic Studio II terbaru memberikan peningkatan audio dan pilihan mic untuk total kontrol atas efek audio, aplikasi dan perangkat output. Dengan Sonic Studio II kamu dapat merasakan kualitas audio yang mantap dan berkualitas. Apalagi dengan adanya tiga fitur utama yaitu Loud and Clear, yang mampu mengurangi kebisingan dan menjaga stabilitas keseluruhan volume suara yang dihasilkan sehingga suara yang terdenagr lebih jernih, kemudian fitur Pure Sound, dengan SMARTEQ yang mampu meningkatkan kualitas music saat kamu melakukan casting/streaming, dan fitur terakhir Bold and Exciting menjadikan kualitas bass dan efek lainnya tetap berkualitas. So Perfection, guys.

SENJATA #16 : Dual Array Microphones

Mikrofon array yang dirancang secara khusus untuk menyaring bunyi bising yang ditimbulkan, sehingga suara Anda dapat tetap terdengar secara jelas dan sempurna, walaupun Anda sedang berada di LAN party atau di lingkungan yang memiliki suara keras.

Teknologi Noise Supression yang dimiliki ASUS juga dapat melakukan penyaringan polusi suara yang dihasilkan pengguna seperti suara ketika mengetuk papan ketik, suara kipas notebook hingga audio yang dikeluarkan game itu sendiri. Sehingga lawan bicara dapat mendengar suara Anda dengan jelas tanpa terganggu suara lain yang tidak diinginkan.

 SENJATA #17: ROG Gaming Center

Interface ASUS GAMING CENTER
Interface ASUS GAMING CENTER

Dengan ROG Gaming Center kamu dapat memantau beban system dan performace dengan sangat mudah. Kamu juga diberikan akses ke berbagai pengaturan seperti Turbo Gear dan Aura Customize. Turbo Gear memudahkan kamu untuk melakukan overclocking dengan hanya satu-klik saja. Kamu juga dapat menyetel overclocking-mu pada mode standard, optimized dan extreme. Bahkan, kamu juga dapat bereksperimen untuk melakukan overclocking terbaik dengan mode manual. Keren kan?

Turbo Gear Mode Extreme
Turbo Gear Mode Extreme
Turbo Gear Mode Optimized
Turbo Gear Mode Optimized
Turbo Gear Mode Standard
Turbo Gear Mode Standard
Turbo Gear Mode Manual
Turbo Gear Mode Manual

Kamu juga diberikan 3 slot untuk menyimpan profil overclocking kamu yang memudahkan untuk mengganti mode overclocking yang telah kamu atur sebelumnya.

Profil setting 1
Profil setting 1
Profil setting 2
Profil setting 2
Profil setting 3
Profil setting 3

Kalo kamu merasa masih kurang, kamu juga dapat meningkatkan kinerja kipas pada sistem dan docking ASUS ROG GX800, sehingga kamu dapat memperoleh kinerja yang maksimal pada saat menajlankan game atau aplikasi yang berat sekalipun.

Pengaturan Kipas pada mode Max
Pengaturan Kipas pada mode Max
Pengaturan mode yang dapat disesuaikan dan auto
Pengaturan mode yang dapat disesuaikan dan auto

SENJATA #18: Geforce GTX VR Ready

Kartu grafis GeForce® GTX menyediakan platform generasi kuat Ultimate Immersive  untuk pengalaman virtual reality. Dengan tanda “GeForce GTX VR Ready” memastikan bahwa game VR Kamu akan dioptimalkan dengan GPU terbaik di kelasnya.

Ultimate Immersive VR membutuhkan tujuh kali kekuatan pemrosesan grafis dari aplikasi 3D dan permainan tradisional. NVIDIA memiliki  fitur unik – seperti shading multi-res – yang berarti kamu mendapatkan level performance yang mumpuni, kualitas gambar, dan memastikan pengalaman VR kamu begitu menakjubkan.

Infographics Performances and Benchmark

Standard Mode

PCMARK BENCHMARK

standard4
Benchmark Creative & Work Conventional
standard3
Benchmark Storage & Home Conventional
standard-1
Benchamark Fire Strike & Fire Strike Extreme
standard2
Benchmark Fire Strike Ultra & Time Spy

CINEBENCH

standard5

CRYSTALDISK MARK

standard6

Optimized Mode

PC MARK

opt4
Benchmark Home & Work Conventional – Mode Optimized
opt1
Benchmark Creative Conventional & Fire Strike – Mode Optimized
opt2
Benchmark Fire Strike Extreme & Fire Strike Ultra – Mode Optimized
opt3
Benchmark Time Spy & Storage – Mode Optimized

CINEBENCH

opt5

CRYSTALDISK MARK

optimized-2

Extreme Mode

PC MARK

ext4
Benchmark Home Conventional & Work Conventional – Extreme
ext3
Benchmark Time Spy & Storage – Extreme
ext2
Benchmark Fire Strike Extreme & Fire Strike Ultra – Extreme
ext1
Benchmark Creative Conventional & Fire Strike – Extreme

CINEBENCH

ext5

CRYSTALDISK MARK
extreme-2

Grafik Perbandingan Benchmark

grafik2
Perbandingan Bechmark CrystalDiskMark pada mode Standard, Optimized, dan Extreme
grafik-benchmark-dark
Perbandingan Benchmark (PC MARK) pada mode Standard, Optimized, dan Extreme

Testing Setting Mode Extreme Pada Game

Nah, gimana sob? Senjata-senjata alias fitur dari ASUS ROG GX800 mencengangkan bukan? Pasti kamu udah mengangguk-angguk setuju mengapa penulis memberikan gelar sebagai Notebook “Penguasa Jagat”. Well, well, untuk melengkapi rasa penasaran kamu, saya akan berikan hasil testing mode Extreme pada beberapa Game yang dianggap berat karena kualitas dan requirement game itu sendiri yang sangat tinggi. Lets Check It Out…

Kita ambil contoh saja dengan Game besutan Ubisoft yang terkenal dengan grafis game berkualitas dan tentunya sangat berat bagi notebook yang biasa,  yaitu game Tom Clancy’s The Divisions. 

Video Setting Optimal
Video Setting Optimal
Graphics Setting mode Ultra
Graphics Setting mode Ultra

Mari kita liat screenshot benchmark pada mode Extreme ketika dimainkan di ASUS ROG GX800.

Exclusive ROG Command Case

ASUS ROG Command Case
ASUS ROG Command Case

ROG GX800 juga dilengkapi dengan backpack, yang terdiri dari satu buah ransel dan koper eksklusif dan berkelas. Selain itu, ROG Command Case  yang dirancang khusus dengan fitur liners busa untuk melindungi kit game kamu dari benturan dan guncangan selama dalam perjalanan.

Mouse Gladius, dapat diset hingga 6400 DPI
Mouse Gladius, dapat diset hingga 6400 DPI

Pada produk sebelumnya, yakni ASUS GX700, ASUS membundle paket pembelian notebook tersebut dengan mouse bernama SICA. Mouse ini notabene hanya mouse biasa yang dijubahi dengan nuansa gaming. Tetikus itu tidak memiliki pengaturan DPI atau tingkat responsifitas untuk menggeser kursor. Sementara pada ASUS GX800 mouse yang diberikan adalah Gladius, sebuah mouse gaming yang dapat di set DPI-nya hingga 6400 dan sangat ideal untuk permainan bertipe First Person Shooter.

 KESIMPULAN

Akhirnya, dengan segala kemampuan dan spesifikasi hardware yang terdapat pada notebook ini, penulis berkesimpulan bahwa ASUS ROG GX800 adalah Sang Penguasa jagat Laptop Gaming abad ini atau setidaknya pada tahun ini. Selama belum ada vendor yang memberikan kekuatan lebih gahar pada perangkat gamingnya. Rasanya kekuatan dari GX800 belum akan tertandingi dan akan terus menjadi penguasa.

Pastikan kamu adalah raja yang mampu memiliki perangkat gaming ini. Kalo kamu bukan raja, teruslah berusaha ya hehhe…