Bahasa Tubuh, Informasi Non-verbal
Pernah kita ketika berinteraksi dengan seseorang melihat berbagai macam gaya/gerak tubuh yang ditunjukkan seseorang atau sebaliknya, kita yang menunjukkan berbagai macam gaya/gerak tubuh kepada seseorang ketika berinteraksi?

Lebih dari 80% informasi yang kita terima dari seseorang dalam percakapan ditransmisikan secara non-verbal (Bahasa Tubuh). Namun, kebanyakan kita tidak mengerti dengan tepat perasaan apa yang ingin mereka ekspresikan melalui tubuh mereka.

Well, dalam tulisan ini saya berpendapat bahwa inilah saatnya untuk mengungkap rahasia bahasa tubuh. Beberapa di antaranya dapat benar-benar membantu  memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan seseorang, bahkan ketika mereka tidak mengatakan sepatah kata pun tentang hal itu.

Seseorang yang menyentuh hidung biasanya, jika mereka sedang mengalami terjadi demam, atau jika mereka berbohong.

Inilah yang dilakukan seseorang saat dia “muak/kesal” dengan sesuatu. Bisa juga sebuah isyarat yang menunjukkan tipu daya.

Seseorang menggosok mata, bisa berarti dia tidak ingin melihat sesuatu, atau hanya memiliki pandangan yang jelek. Bisa juga merupakan isyarat penipuan.

Kalo bahasa tubuh seperti ini bisa jadi sedang mengevaluasi, mengingat sesuatu atau sebuah ekspresi kebosanan. Hati-hati ya hehehe…

Nah, kalo ekspresi kayak gini, kita sebaiknya peka. Soalnya doi, butuh kenyamanan. Cie lah…

Nah, buat kamu yang cowok, – jeli, teliti, dan cermatlah melihat seorang cewek, kalo kayak ekspresi diatas, hati-hati, doi lagi ilfill atau merasa tidak aman. Yaaaa, bisa jadi karena kamu atau ada hal lainnya (mahluk gaib, mungkin).

Tips ketika kamu ingin mendekati (berbicara kepada) cewek. Perhatikan mereka dengan seksama seperti gambar dibawah ini:

Gambar pertama memperlihatkan isyarat sedang memikirkan sesuatu. Kedua, sedang mengingat suara atau bunyi, bisa saja lagu kenangan doi. Ketiga, disini harus lebih peka, soalnya si doi lagi mengingat perasaannya terhadap sesuatu. dan terakhir, si doi lagi mengingat gambar, sosok wujud, wajah dsb. Bisa saja wajah mantan.

Kalo laki, lansung aja dijelaskan, gambar pertama menunjukkan ekspresi yang ramah, jadi kamu boleh tuh ajak dia cerita atau bercanda sekalian. Gambar kedua, kalo kamu liat ekspresi kayak gini, artinya dia mulai agresif, asertif, dan dominan. Yang ketiga, ya wajah-wajah mesum dah itu hehehe. Ekspresi kayak gitu (gambar ketiga), menunjukkan ekspresi romastis sih sebenarnya. (asal sebut).

Oke yaa, pada ngerti ya. Nah, itulah beberapa bahasa tubuh yang biasa terjadi disekitar kita. Be aware, be empathy. Tulisan berikutnya, saya akan bahas mengenai Bahasa Tubuh ketika berdiri, berinteraksi dan duduk. Terimakasih.

Has received permission and based on materials from Aldis Kalnins