Lomba blog terbagi beberapa jenis salah satunya Lomba Blog SEO. Kunci untuk menjadi pemenang dalam kontes ini tentu saja optimasi postingan kita. Optimasi yang bagaimana? Nah ini yang akan dijelaskan. Beberapa master a.k.a mastah dibidang SEO menjabarkan teknik optimasi SEO dibagi 2 bagian yaitu teknik SEO On Page dan SEO Off Page. Dan berikut gambaran sekelumit kedua teknik tersebut.

SEO On Page

Teknik yang pertama adalah teknik yang paling penting dibandingkan teknik setelah teknik ini. Teknik SEO On Page adalah teknik optimasi SEO pada halaman website atau blog kita. Teknik ini juga bisa mendatangkan pengunjung pada situs kita dengan beberapa optimasi On Page. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan SEO On Page, salah satunya Judul mengandung keyword dan berformat H1, meta deskripsi mengandung keyword yang ditargetkan, jumlah kata lebih dari 500 kata dan masih banyak lagi cara untuk optimasi blog dengan teknik ini.

SEO Off Page

Teknik ini adalah teknik pendukung dari teknik yang pertama tadi. Untuk teknik SEO Off Page berfokus pada upaya-upaya peningkatan artikel kamu dengan cara mendapatkan link dari situs-situs lain yang memiliki kualitas baik dimata search engine. Mungkin bisa analogikan untuk lebih pahamnya lagi bagaimana SEO Off Page ini bekerja. Bayangkan, link artikel kamu adalah sebuah balon di dalam ember kosong. Lalu kita masukan air (link dari luar) kedalam ember yang kosong tadi *Ingat cukup ember saja yang kosong, hati kamu jangan*. Maka balon yang tadinya ada didasar ember tadi, akan naik mengikuti banyaknya air pada ember. Jadi kita bisa simpulkan, semakin banyak link atau tautan dari luar ke situs/blog kita maka peringkat kita akan naik pada search engine. Namun ada yang patut diingat dari teknik ini, segala yang berlebihan itu tidak baik. Jika sumber link yang menuju blog kita buruk, maka teknik ini tidak bekerja dengan optimal.

 

sumber: https://masirwin.com