Apakah kamu ingin memulai blog atau website dengan cara yang mudah? Kita tahu bahwa memulai sebuah blog/website bisa menjadi pemikiran yang mengerikan khususnya bagi kamu yang belum familiar dengan website. Saya mengenal website sejak tahun 2009 yaitu menggunakan Blogger, Joomla, Drupal, Tumbrl, dan OpenCart. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya saya menggunakan WordPress dengan berbagai alasan tertentu. Saya telah memutuskan untuk membuat panduan paling komprehensif tentang bagaimana memulai self-hosted (hosting sendiri) blog WordPress meskipun tanpa pengetahuan teknis yang mumpuni.

Prosesnya mudah diikuti meskipun kamu masih belum familiar dengan WordPress. Namun jika kamu memerlukan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi saya dan kamu akan mendapatkan bantuan secara gratis.  Hubungi saya disini.

APA YANG KAMU BUTUHKAN UNTUK MEMULAI SEBUAH BLOG WORDPRESS?

Ada tiga hal yang kamu butuhkan untuk memulai blog WordPress:

  1. Memilih nama domain (ini akan menjadi nama blog kamu mis. rsuregar.com)
  2. Web hosting (saya menggunakan Niagahoster, gunakan kode a-JAGOWEB)
  3. Perhatian penuh kamu selama 30 menit.
    Ya, kamu hanya perlu membacanya dan mengikutinya dengan benar. Kamu bisa memulai sebuah blog dari nol dalam waktu kurang dari 30 menit, dan saya akan memandu kamu melalui keseluruhan proses, step by step.

Dalam tutorial ini, kita akan membahas:

  • Daftar Nama Domain Gratis
  • Memilih Web Hosting
  • Memasang WordPress
  • Bagaimana Mengubah Tema kamu
  • Menulis Posting Blog Pertama kamu (part 2)
  • Menyesuaikan WordPress dengan Plugin (part 2)
  • Referensi untuk Belajar WordPress (part 2)

Siap? Mari kita mulai.

Step 1. Setup

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemula saat memulai blog adalah memilih platform blogging yang “salah”. Syukurlah kamu di sini, jadi kamu tidak akan membuat kesalahan itu.

Bagi saya lebih baik menggunakan WordPress.org yang juga dikenal sebagai self-hosted WordPress. Mengapa? Karena gratis untuk digunakan, kamu dapat menginstal plugin, menyesuaikan desain web kamu, dan yang terpenting menghasilkan uang dari website-mu tanpa batasan (lihat perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org).

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa WordPress gratis. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa gratis? Hal ini gratis karena kamu harus melakukan setup dan meng-host sendiri. Dengan kata lain, kamu memerlukan nama domain dan web hosting.

Sebuah nama domain adalah apa yang orang ketik untuk sampai ke situs web kamu. Ini alamat website-mu di internet. Seperti google.com atau rsuregar.com. Web hosting adalah “tempat tinggal” situs web kamu, yang juga berarti rumah bagi websitemu di internet. Setiap website membutuhkan web hosting. Nama domain biasanya berharga 100 ribuan / tahun, dan web hosting biasanya berharga 300 ribu-1 juta-an/tahun (untuk web hosting standar).

Syukurlah, Niagahoster, penyedia hosting resmi WordPress yang direkomendasikan, telah setuju untuk menawarkan pengguna nama domain gratis dan diskon hingga 40% untuk hosting web.

→ Klik disini untuk mendapatkan diskon 40% Niagahoster ←

Memilih Hosting Provider

Niagahoster adalah salah satu penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia dengan sejumlah kelebihan serta benefit yang ditawarkan kepada para penggunanya. Niagahoster merupakan provider web hosting lokal yang saat ini mengalami pertumbuhan paling signifikan berbanding beberapa provider web hosting terkemuka lokal lainnya. Progres cukup positif yang diraih Niagahoster dalam rentang waktu yang cukup singkat ini adalah sebuah cerminan bahwa provider space data online yang satu ini memang menawarkan sebuah layanan web hosting yang memuaskan kepada para konsumennya.

Hubungi saya untuk bantuan setup blog gratis. Chat via Telegram disini atau bisa bergabung dengan grup telegram seputar wordpress disini

Catatan: Jika kamu mendaftar dengan Niagahoster menggunakan link referral saya, saya akan mendapatkan komisi kecil tanpa biaya tambahan untuk kamu (sebenarnya, kamu akan menghemat uang dan mendapatkan domain gratis). Saya akan mendapatkan komisi ini untuk merekomendasikan hampir semua perusahaan hosting WordPress, namun saya hanya merekomendasikan produk yang saya gunakan secara pribadi dan percaya akan memberi nilai tambah bagi pembaca.

Pertama, mulailah membeli paket hosting dan domain gratis di Niagahoster. → Panduan Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster ←

Setelah selesai, kamu akan menerima email dengan rincian bagaimana cara login ke panel kontrol hosting web kamu (cPanel). Di sinilah kamu mengelola segalanya mulai dari dukungan, email, dll. Tapi yang terpenting, ini adalah tempat kamu menginstal WordPress.

Step 2. Instalasi WordPress

Di cPanel, kamu akan melihat banyak ikon kecil untuk berbagai layanan dan fitur. Abaikan saja untuk saat ini, kita fokus pada wordpress. Gulir ke bawah ke bagian Softcalous dan klik di ikon WordPress.

softcalous rsuregarcom

Setelah itu muncul halaman softculous instalasi wordpress dan klik Install Now.

halaman install softcalous wordpress rsuregarcom

Setup wordpress-1 rsuregarcom

Kamu dapat memilih jenis protokol websitemu menggunakan https, http, https://www.,http://www. Jika kamu ingin menginstall WordPress pada subfolder, cukup tambahkan nama folder pada kolom In Directory.

Langkah selanjutnya adalah mengatur nama blog, deskripsi, password dan juga tema bawaan yang kamu inginkan. Setelah itu, klik install untuk memulai instalasi WordPress kamu.

setup wordpress-2 rsuregarcom

Selamat, kamu telah berhasil membuat situs WordPress-mu. Mudah, bukan?

URL login WordPress kamu akan terlihat seperti ini:
http://websitemu.com/wp-admin
Klik pada link login WordPress untuk login ke dashboardmu.

Step 3. Memilih dan meng-upload tema sendiri

Tampilan visual blog WordPress kamu  dengan menggunakan tema bawaan terlihat seperti ini:

Tema Bawaan WordPress rsuregarcom

Sebenarnya saat ini tema bawaan WordPress sudah memiliki tampilan yang bagus. Namun bagi sebagian kita menginginkan tema sendiri.

Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog adalah salah satu bagian yang paling menarik dan bermanfaat dalam membuat website WordPress mu.

Ada ribuan tema WordPress yang dapat di pasang di website mu. Ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar dengan fasilitas premium. Salah satu penyedia tema berbayar terbaik menurut saya adalah Themeforest sedangkan yang gratis bisa kunjungi justfreethemes.

Bagaimana mengubah tema pada WordPress?

Sangat mudah semudah Click And Install. Pertama, masuk ke dasboard websitemu dan pilih Appearance »Themes.

Laman antarmuka tema wordpress yang terinstall di WordPress mu (klik untuk memperbesar gambar)
Laman antarmuka tema wordpress yang tersedia di WordPress dan kamu install. (klik untuk memperbesar gambar)

Jika kamu memiliki tema sendiri, kamu juga dapat mengupload ke WordPress mu dengan mudah seperti pada gambar berikut:

Laman upload tema WordPress

Klik Upload Theme » Choose File. Pastikan tema website mu dalam format zip. Kemudian klik Install Now. Jika telah selesai mengupload, tinggal aktifkan tema yang diupload. Selesai. Mudah, bukan?

Baiklah sekian panduan praktis memulai sebuah website dengan menggunakan WordPress. Semoga panduan ini dapat membantu teman-teman sekalian yang sudah lama menginginkan sebuah website profesional, dinamis, fleksibel dan dapat di kustomasi dengan mudah, sesuka hati. Pada kesempatan berikutnya saya akan mengulas lebih dalam lagi mengenai WordPress dari mengatur menu, halaman, memulai postingan hingga bagaimana mengoptimasi websitemu menjadi lebih cepat dan SEO Friendly. 

Akhirnya, saya juga menawarkan bagi kamu yang ingin memiliki sebuah website dengan menggunakan WordPress dengan sangat lebih mudah dan lebih murah. Hanya dengan investasi sebesar Rp 250 ribu/tahun kamu akan mendapatkan sebuah website WordPress. Tunggu apalagi hubungi saya disini untuk memulai website mu.